Apa sih yang akan terjadi ketika balon/sisir digosok??????????

Posted: Februari 11, 2012 in miniJOB

Hypothesis
Balon / sisir yang digosok akan menghasilkan muatan sehingga dapat menarik potongan kertas.

Tools and Materials

  1. balon/sisir plastik
  2. potongan kertas
  3. material penggosok {kain wool, kain sutra, rambut}

 Step Experiments

  1. gosokkan balon/sisir dengan salah satu material penggosok.
  2. Dekat balon yang sudah digosok ke potongan kertas
  3. Lalu amati yang terjadi.

My Questions
1. Mengapa potongan kertas lebih banyak terangkat pada balon daripada sisir?
Karena balon yang digosok menghasilkan jumlah muatan listrik yang lebih besar daripada sisir plastik yang digosok

2. Apakah setiap bahan yang digosokkan akan menghasilkan besar muatan listrik yang sama pada material penggosok yang berbeda?
Tidak sama. Kerena setiap bahan berbeda2 materi penyusunnya begitu juga dengn material penggosok, oleh karena itu setiap         bahan yang digosokkan akan menghasilkan jumlah muatan listrik yang bervariasi pada material penggosok yang berbeda2

Investigated Questions
1.Apa yang terjadi ketika balon/sisir plastic digosok?

Ketika balon/sisir plastic digosok maka balon menjadi bermuatan listrik positif

2.Apa yang terjadi pada potongan kertas kecil ketika didekati oleh balon yang bermuatan listrik?jelaskan bagaimana hal ini bias terjadi?

Potongan kertas kecil terangkat oleh balon yang bermuatan listrik ketika didekatkan karena electron pada balon ditarik oleh material yang memiliki daya tarik yang lemah yaitu potongan kertas dan menempel pada material yang memiliki daya tarik yang kuat yaitu balon

3.Apakah menggosok balon dalam satu arah memberikan hasil yang berbeda dengan menggosok balon dalam arah bolak-balik? Berikan alasan berdasarkan pengamatanmu!

Menggosok balon dalam satu arah tidak memberi hasil yang sama dengan menggosok balon dalam arah bolak balik karena menggosok balon dalam arah bolak balik dapat menarik potongan kertas kecil lebih cepat.hal ini disebabkan karena muatan listrik yang dihasilkan lebih banyak jika dibandingkan dengan muatan listrik yang dihasilkan pada balon yang digosok satu arah.

4.Apakah perbedaan yang dapat diamati pada proses transfer muatan listrik dengan menggunakan bahan/material penggosok yang berbeda?

Pada material balon,transfer muatan listrik berlangsung cepat sedangkan pada material sisir, transfer muatan listrik berlangsung lambat dan sedikit.hal ini disebabkan karena muatan listrik yang dihasilkan balon lebih besar.

The Other Parameters

  1. penggosokkan pada balon/sisir plastik secara bolak-balik
  2. penggunaan bahan lain yaitu penggaris plastik
  3. penggunaan tembok atau langit2 ruangan sebagai indikator adanya muatan yang terbentuk

Discussions

Balon digosok pada rambut dapat mengangkat potongan kertas karena terdapat muatan listrik yang muncul pada balon tersebut.sehingga dapat menarik potongan-potongan kertas yang bermuatan negatif.Namun sebaliknya,jika balon yang bermuatan positif dijauhkan atau dipisahkan dengan potongan kertas yang bermuatan negative maka tidak akan terjadi gaya tarik balon terhadap potongan kertas.Seperti yang kita ketahui bahwa jika muatan sejenis maka yang terjadi adalah tolak menolak dan sebaliknya jika muatan tidak sejenis maka yang terjadi adalah tarik menarik.

Sama halnya seperti balon yang digosokkan pada kain sutera.balon memiliki muatan positif dan kain sutera memiliki muatan negative.Hal ini menunjukkan bahwa penggosokkan antara balon dan kain sutera tidak menciptakan muatan tetapi semata-mata hanyalah memindahkan muatan tersebut dari sebuah benda ke benda yang lain,sehingga dapat menarik potongan-potongan kertas.Pada dasarnya semua benda terbentuk dari atom-atom.setiap atom memiliki inti atom yang terdiri dari proton dan elektron yang mengelilinginya.ketika balon dan sutera/rambut saling digosokkan,electron ditarik oleh material yang memiliki daya tarik yang lemah(potongan kertas)dan menempel pada material yang memiliki daya tarik yang kuat(balon). Hal itu juga terjadi pada sisir dan penggaris plastik.

Ketika  balon digosokkan dengan kain wool beberapa kali lalu dekatkan kelangit-langit ruangan. Balonnya menempel terus dilangit-langit. Karena ketika digosok,balon menjadi bermuatan listrik,ketika didekatkan ketembok,terjadi peristiwa polarisasi dari molekul-molekul tembok(seperti polarisasi  potongan kertas).muatan listrik balon akan saling tarik menarik dengan muatan positif tembok,akibatnya balon dapat menempel

Conclusions

  • Balon yang digosok dapat menghasilkan muatan listrik
  • Terjadi gaya tarik menarik antara balon dan potongan kertas dan tembok
  • Balon yang digosokkan bolak balik lebih cepat menghasilkan muatan listrik yang lebih besar daripada searah
  • Berlakunya hukum Coloumb dalam pengamatan ini

bibliography:

  1. http://www.wikipedia.com
  2. Silaban, Pantur, dkk., Fisika ed.III jilid 2, terjemahan dari PHYSICS 3rd Edition, oleh Halliday, David, dkk., ERLANGGA, 1996
  3. Yusrizal, FISIKA DASAR II Bagian Listrik dan Magnet, Syiah Kuala University Press, 2008
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s